Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Pasar Skow Papua Dipilih Jadi Pasar Percontohan

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Pasar Skow Papua Dipilih Jadi Pasar Percontohan
27 Jun 2011, 2:19 am

Pasar Skow Papua Dipilih Jadi Pasar Percontohan 2011

[Image: pasartrad-dalam.jpg]

Jayapura - Kementerian Perdagangan akan merevitalisasi Pasar Skow di Jayapura, Provinsi Papua guna dikembangkan menjadi pasar percontohan tahun 2011. Dipilihnya pasar Skow sebagai pasar percontohan karena letak dan perannya yang dianggap strategis.

Selain itu, pasar Skow juga merupakan pasar perbatasan antara Papua sebagai wilayah Indonesia dengan negara Papua New Guinea (PNG), yang bisa meningkatkan aktivitas ekspor.

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di sela dialog dengan pedagang pasar perbatasan di Skow Jayapura, Sabtu (25/6/2011).

"Pasar Skow lokasinya strategis dan berpotensi meningkatkan ekspor karena para pembeli mayoritas adalah penduduk di Vanimo yang merupakan ibukota Provinsi Sundaun, Papua New Guinea (PNG). Jadi, semakin bagus kondisi pasar ini, baik secara bangunan fisik dan pengelolaan, maka akan semakin menarik warga PNG untuk menyebrang berbelanja memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas pada produk kebutuhan sehari-hari tetapi juga termasuk produk sandang dan elektronik bahkan juga sebagai tempat untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia kepada masyarakat PNG," katanya.

Menurut Mari, Pasar Skow merupakan pasar ke-9 dari 10 pasar yang akan dikembangkan menjadi pasar percontohan. Kesepuluh pasar ini, selain akan direnovasi dari aspek fisik, akan pula dilakukan asistensi teknis maupun pemberdayaan pelaku pasar dari pemerintah pusat melalui Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag.

Pemberdayaan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pengelolaan pasar yang akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku perdagangan di pasar tersebut.

Mari menambahkan, pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp10 miliar untuk merevitalisasi pasar Skow. Pasar Skow merupakan satu dari sepuluh target pasar percontohan di 10 kabupaten/kota yang akan menelan anggaran total senilai Rp 88 miliar.

Berdasarkan catatan marketing point, pengelola pasar Skow, omset pasar ini selama tahun 2010 sebanyak Rp 65 miliar dengan nilai ekspor sebesar US$ 202 ribu.

Pasar Skow dibangun diatas lahan seluas 3,25 hektar dengan luas bangunan sebesar 2.300 m. Jumlah pedagang pasar Skow sampai saat ini adalah 161 orang dengan omset rata-rata Rp 3-7 juta per hari.
(ang/ang)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.