Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Moratorium TKI Berlaku,Pemerintah Janjikan Pekerja

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Moratorium TKI Berlaku,Pemerintah Janjikan Pekerja
27 Jun 2011, 2:17 am

Moratorium TKI Berlaku, Pemerintah Janjikan Pekerjaan

[Image: TKI-(Andri)-dalam.jpg]

Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) siap menyerap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akibat kebijakan penghentian sementara atau moratorium pengiriman TKI ke luar negeri.

Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan menegaskan, pemerintah telah menyiapkan beberapa program untuk menyerap TKI karena adanya kebijakan moratorium TKI.

"Tentunya dengan ada moratorium, pemerintah sudah memikirkan bagaimana agar ada penyerapan tenaga kerja dalam negeri. Sedang dibicarakan, sedang dibuat perencanaan supaya bisa dilakukan," ujarnya saat ditemui di Gedung Smesco, Jalan Jend. Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (26/6/2011).

Syarif menegaskan pihaknya siap membantu penyerapan para TKI sehingga meskipun ada moratorium tidak menambah angka pengangguran.

"Ooo iya (ditarik ke UMKM). Pada dasarnya UMKM adalah penyerapan tenaga kerja paling tinggi. Karena 97 persen dari potensi tenaga kerja diserap oleh UMKM. Kita siap..siap sekali," tegasnya.

Terkait anggaran untuk biaya penyerapan TKI tersebut, Syarif mengaku pasrah. "Siap itu, artinya program itu mengikuti anggaran. Kita harapkan bisa kita serap semuanya," ujarnya.

Namun, yang bisa dia pastikan, meskipun ada rencana moratorium, anggaran untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) TKI tidak akan dihapuskan. Karena masih ada TKI yang bisa menggunakan anggaran tersebut.

"Sejauh ini ada beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, kebanyakan dari Jawa. KUR TKI itu kan untuk kebutuhan biaya kesiapan berangkat itu dikasih pemerintah. Jadi gak ada penghapusan, karena yang di moratorium itu kan beberapa negara saja, jadi TKI yang lain masih butuh," pungkasnya.


(nia/wep)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.