Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: RI Genjot Perdagangan US$ 80 Miliar Dengan Cina

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

RI Genjot Perdagangan US$ 80 Miliar Dengan Cina
27 Jun 2011, 2:29 am

Jakarta - Pemerintah Indonesia berkomitmen meningkatkan perdagangan dengan Cina. Hingga 2015 total perdagangan Indonesia ditargetkan mencapai US$ 80 miliar.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, pemerintah menginginkan keseimbangan perdagangan antara Indonesia dengan Cina. Dimana Indonesia akan berperan lebih banyak pada produk-produk manufaktur.

"Sehubungan dengan peningkatan volume perdagangan kita sampai US$ 80 miliar dolar tahun 2015, kita ingin ada balance atau seimbang perdagangannya. Strukturnya pun kita ingin produk-produk manufaktur kita dan mereka tampaknya paham betul itu dan akan segera menindaklanjuti melalui satu working group yang akan segera dilakukan pertemuan pada semester kedua tahun ini," ujar Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, akhir pekan ini.

Untuk meningkatkan volume perdagangan tersebut, Hatta menyatakan, perlunya relokasi industri manufaktur Cina ke Indonesia. Hal ini guna mengantisipasi rencana pemerintah yang akan mengurangai eksportasi bahan mentah.

"Saya kira manufaktur terutama, ya memang kita menginginkan agar didalam perdagangan kita, di mana produk-produk Cina yang masuk ke Indonesia ada lebih baiknya itu industri manufakturnya berada di Indonesia. Kita juga menyampaikan, ke depan Indonesia tidak lagi menjual raw material karena UU Minerba (Mineral dan Batubara) kita sampai tahun 2012. Oleh sebab itu, penting membangun industri hilirnya di Indonesia," tegasnya.

Pihak Cina sendiri, lanjut Hatta, banyak investor yang sudah menyatakan minatnya untuk membangun industri manufakturnya di Indonesia. Hatta siap untuk menindaklanjuti rencana tersebut karena sekaligus dapat mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dibuatnya.

"Sehubungan dengan master plan percepatan dan pembangunan ekonomi Indonesia, maka Perdana Menteri Cina langsung membentuk tim menunjuk menteri pendatang dan timnya, untuk segera menindaklanjuti itu dan bersama-sama dengan tim kita, untuk mefokuskan kepada beberapa projek- projek yang memang artinya akan dijadikan suatu impres dari pihak Cina terutama di bidang infrastruktur building dan kepada perusahan perusahaan cina saya juga melakukan pertemuan dan ada minat yang banyak dari beberapa perusahaan untuk investasi dan melakukan relokasi," tandasnya.

(nia/wep)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.