Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Harga Cabai Rendah,Inflasi Juni Tak Terlalu 'Merah

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Harga Cabai Rendah,Inflasi Juni Tak Terlalu 'Merah
27 Jun 2011, 2:20 am

[Image: Rusman-Cabe-dalam.jpg]

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, inflasi bulan Juni tetap rendah akibat harga cabai telah mencapai level termurah. Meski beras mengalami kenaikan, namun efek kepada 'memerahnya' inflasi tidak terlalu signifikan.

Kepala BPS Rusman Heriawan, menjelaskan pada bulan Juni ini harga bahan makanan, terutama beras mulai beranjak naik di atas 1 persen.

"Kalau bahan makanan, yang memang harus diakui harga beras naik, di atas 1 persen. Apalagi sumbangan beras itu besar terhadap inflasi, yaitu 5 persen," ujarnya saat dihubungi detikFinance, Minggu (26/6/2011).

Meskipun demikian, Rusman optimis inflasi yang terjadi pada bulan Juni ini tidak akan terlalu tinggi mengingat masih banyak harga pangan yang begejolak (volatile food), yang menunjukkan tren penurunan.

Ia mencontohkan produk yang mengalami turun harga adalah gula pasir. Bahkan harga cabai merah dan cabai rawit menunjukkan penurunan harga di titik terendah, di bawah Rp 10 ribu.

"Tapi tidak terlalu pesimis, seandainya terjadi inflasi kemungkinan kecil. Gula pasir masih turun, yang capai titik terendah itu cabai merah dan cabai rawit, sudah di bawah Rp 10 ribu, sekitar Rp 7 ribu, itu zona harga terendah," ungkapnya.

Sementara harga daging sapi masih tergolong rendah dibandingkan bulan Mei 2011, meskipun sejak Juni ini impor daging asal Australia dihentikan.

Namun perlu diwaspadai kenaikan daging sapi pada pekan ketiga bulan Juni ini. Harga komoditi ini mulai merangkak naik, sekitar Rp 500.

"Daging sapi rata-rata bulan Juni terhadap Mei masih turun, tapi khusus minggu ketiga dibandingkan minggu kedua mulai ada peningkatan. Gejala naiknya sekitar Rp 500, mungkin dampak dari stop impor Australia," ucapnya.

"Ini dilematis, harga daging jadi naik, inflasi naik, karena membebani daya beli masyarakat. Untuk itu pemerintah perlu melakukan langkah antisipasi, apalagi menjelang puasa dan lebaran," tandasnya.


(nia/wep)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.