Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: BI Siapkan Rp 2 Miliar untuk "pembersihan"

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

BI Siapkan Rp 2 Miliar untuk "pembersihan"
27 Jun 2011, 2:26 am

BI Siapkan Rp 2 Miliar 'Bersihkan' Uang di Perbatasan RI- Filipina

[Image: Uang-hayid-dalam.jpg]

Pulau Marore - Bank Indonesia (BI) menyiapkan dana tunai sebesar Rp 2 miliar untuk program 'bersih-bersih uang' alias clean money policy. Program bersih-bersih uang ini dilakukan di 4 pulau perbatasan Indonesia-Filipina.

"Kita siapkan dana kas Rp 2 miliar di 4 pulau, yang dibawa langsung oleh Kapal TNI AL," ujar Kasir Madya Direktorat Pengedaran Uang BI Bambang Suprio di Pulau Marore, Perbatasan Indonesia-Filipina, Sulawesi Utara, Sabtu (25/6/2011).

Bank Sentral yang didampingi TNI AL menempuh perjalanan dari Bitung hingga Marore sekitar 17 jam. Rombongan tiba di Marore sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau sekitar pukul 07.00 WIB. Perjalanan akan dilanjutkan ke Pulau Miangas, Melonguane dan Lirung setelahnya.

Bambang menjelaskan, 4 pulau tujuan clean money policy diantaranya Pulau Marore, Pulau Miangas, Pulau Melounguane dan Pulau Lirung.

"Khusus untuk pulau Marore disiapkan uang dari pecahan Rp 100.000 hingga Rp 50 logam. Di Marore sebesar Rp 207 juta disiapkan seluruh uang baru," tutur Bambang.

Operasi clean money policy merupakan kebijakan bank sentral yang wajib menyediakan uang layak edar bagi masyarakat. Hal ini dilakukan dengan berbagai macam prosedur seperti membuka loket penukaran uang ditempat.

Juga penukaran serta sosialisasi rupiah ini juga menangkal peredaran uang palsu di Indonesia. "Masyarakat dapat menukar uang lusuh, jelek dan cara ini menjadi salah satu peredaran pemberantasan uang palsu juga," pungkasnya.

(dru/ang)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.