Monday, June 13, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Antivirus Palsu Incar Firefox

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Antivirus Palsu Incar Firefox
13 Jun 2011, 8:06 am

Antivirus Palsu Incar Firefox
Senin, 13 Juni 2011

TEMPO Interaktif, Jakarta - Bagi pengguna mesin browser Mozilla Firefox sebaiknya berhati-hati jika mendapati tawaran untuk mengunduh software antivirus. Pasalnya, baru-baru ini perusahaan pengamanan Internet, Sophos, menemukan trik penipuan tersebut yang muncul di halaman Windows Update. "Pengguna harus lebih waspada," kata peneliti keamanan Sophos, Graham Cluley, seperti dikutip PC World hari ini, Senin, 13 Juni 2011.

Dia menjelaskan bahwa metode pengelabuan melalui program antivirus adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memasukkan malware ke dalam komputer. "Ini adalah bisnis besar di dunia cybercrime," katanya.

Cluley mengatakan peretas yang menggunakan topeng sebagai antivirus palsu tadi menggunakan trik-trik yang meyakinkan sehingga seolah-olah itu adalah software antivirus asli. Salah satu caranya adalah meminta pengguna meluangkan memori dalam komputernya sekitar 2,8 megabita.

Pada halaman pengunduhan juga tertulis kata "urgent" sehingga pengguna tak berpikir panjang apakah ini peranti lunak asli atau bukan.

Menurut dia, sebenarnya serangan peretas cukup jarang terjadi pada mesin browser Mozilla. Biasanya, yang paling sering diserang adalah Internet Explorer. Serangan ini bisa saja disebabkan banyaknya orang yang menggunakan mesin browser buatan Microsoft tersebut.

Dengan ditemukannya program palsu pada Mozilla Firefox, Cluley memperkirakan kini peretas tak lagi melihat siapa sasarannya. Kuncinya, pengguna komputer harus selalu memperhatikan setiap penawaran yang "hinggap" di komputernya, meneliti dari mana tawaran itu berasal, dan tidak terburu-buru mengunduh atau menginstal software yang belum jelas asal-usulnya


Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/it/201...78,id.html

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.