Sunday, June 12, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Di Balik Cerita Tom & Jerry

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Di Balik Cerita Tom & Jerry
12 Jun 2011, 3:39 pm

[Image: images?q=tbn:ANd9GcTxqCVTdcaLRXJYwzPw4Nw...wxsK2a78bw]

Siapa sih yang tidak tahu dengan kartun Tom & Jerry? Dari anak kecil hingga orang dewasa semua tau. Ya, dua tokoh kartun yang setiap harinya selalu ribut tak ada henti-hentinya! Tak dapat dipungkiri pula bahwasanya kartun ini amat digemari anak-anak karena lakon keduanya yang seringkali ribut. Biasanya keributan ini dimulai oleh ulah di Jerry, yang digambarkan sebagai seekor tikus, yang kerap mengganggu Tom, yang digambarkan sebagai seekor kucing penjaga rumah. Keduanya seringkali terlibat baku hantam, saling adu strategi untuk melumpuhkan atau mengalahkan satu sama lain. Namun si Tom, si kucing tak pernah menang melawan si tikus bernama Jerry ini. Pernah dalam beberapa episode, Tom memenangkan "pertempurannya" dengan Jerry. Namun ketika Tom berhasil mengalahkan si Jerry, datanglah si Spike, yang dalam kartun ini digambarkan sebagai seekor anjing, dan bisa kita tebak apa yang terjadi setelahnya..Yap, Tom kembali menelan pil kekalahannya "lagi".

Apakah kartun ini dibuat hanya sebuah hiburan semata? Ataukah ini gambaran dari realita yang ada? Saya akan mencoba untuk mengulasnya dalam sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Ada dua poin yang akan saya paparkan pada kesempatan ini. Diantaranya:

Poin Pertama
Hiburan bagi Anak-anak

Pada poin pertama ini, Saya akan mengulas tentang kartun ini sebagai hiburan bagi anak-anak. Seperti yang kita tahu, kartun ini sendiri lebih banyak menyajikan sebuah tayangan yang berbau KEKERASAN. Bagaimana tidak, dari awal hingga akhir cerita, antara Tom dan Jerry selalu saling pukul, lempar, dan lain-lain. Tom dan Jerry, Kucing dan Tikus, dua kehidupan yang tak pernah akur, saling bermusuhan. Namun terkadang oleh sang pencipta kartun ini, keduanya diceritakan bekerjasama dalam berbagai kesempatan (baca:berdamai/berkomplot) akan tetapi setelah berdamai, mereka kembali bermusuhan seperti sebelumnya. Apakah ini bagus untuk perkembangan sang anak ketika menonton kartun ini? TIDAK! Karena didalamnya begitu banyak perbuatan keji dan mungkar! Anak-anak kita ketika menonton kartun ini secara tidak langsung diajarkan untuk saling membenci, berkelahi satu sama lain, dan menebar kebencian. Penuh dengan tindakan kekerasan! Astaghfirullahal'adzim... Dan lagi, ini pun bisa membuat suatu asumsi yang timbul di dalam pemikiran sang anak yakni membenci kucing karena suka sekali menyiksa tikus, padahal tikus itu sendiri jorok dan merupakan omnivora (memakan apa saja) yang hidupnya kebanyakan merusak daripada membawa manfaat. Ya Allah, betapa kita lalai dalam mengasuh anak-anak dan juga adik-adik kita, ampuni kami ya Allah atas kelalaian dan ketidakpahaman kita.

Celakanya lagi, kita membiarkan anak kita menontonnya setiap hari. Dengan dalih, yang penting anak diam dan tidak banyak ribut minta ini dan itu apalagi menangis tidak karuan. Astaghfirullahal'adziim, lagi-lagi kita tidak memahaminya dengan baik sehingga kita telah melalaikan pendidikan moral kepada anak ataupun adik kita yang masih kecil. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih tayangan bagi buah hati kita sehingga kita tidak tergelincir yang pada akhirnya anak kita tumbuh dengan pemahaman yang sempit dan juga penuh dengan doktrin-doktrin kekerasan akibat tayangan yang tidak mendidik dan memuakkan seperti yang selama ini kita lihat.

Awalnya saya melihat kartun ini sebagai sebuah tayangan yang menghibur, namun ketika dikaji lagi tayangan ini tidaklah menghibur melainkan MERUSAK!! Setelah saya paham dan mempelajarinya lebih dalam lagi, ternyata tayangan ini dapat memberi efek yang kurang baik bagi anak kecil kita. Akibat yang dapat diberikan oleh kartun ini sendiri yakni membentuk pribadi anak yang GEMAR KEKERASAN, MUDAH TERSULUT EMOSINYA, MENEBAR KEBENCIAN, JAIL/ISENG, dan GEMAR MENYIKSA KUCING/HEWAN (karena menganggap bahwa si kucing -Tom- adalah binatang yang jahat yang sering menyakiti Jerry si tikus). Lalu, bagaimana dengan tanggapan Anda mengenai ini?

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.