Thursday, June 23, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: medical check-up

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

medical check-up
23 Jun 2011, 12:33 am

Medical Check Up/MCU (paket pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan yang dapat digunakan untuk mendeteksi gejala penyakit lebih dini), selain berguna untuk penyelidikan suatu penyakit secara lebih mendalam yang sangat diperlukan dalam tindakan pengobatan, juga dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit tanpa gejala serta penyakit degeneratif kronis, seperti kanker, darah tinggi, diabetes, kelainan liver (hati) dan jantung, yang sering dihubungkan dengan gaya hidup modern.

Paket MCU sangat bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan, dengan biaya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada paket yang dibedakan berdasarkan ada-tidaknya konsultasi dokter (umum/spesialis), paket untuk mendeteksi jenis penyakit tertentu, seperti kanker dan kardiovaskular, bahkan ada pula paket MCU yang dibedakan antar-jenis kelamin dan usia. Pada setiap paket MCU, umumnya terdapat pemeriksaan dasar kesehatan, yang meliputi:



1. PEMERIKSAAN FISIK

Pemeriksaan ini meliputi:

a. Anamnesis (wawancara) untuk memperoleh informasi mengenai keluhan utama pasien serta riwayat penyakit diri dan keluarga.

b. Pemeriksaan fisik, yang umumnya meliputi seluruh bagian tubuh pasien, mulai dari pemeriksaan umum (seperti kondisi mental, gizi, nadi, kulit, suhu, rambut kelenjar getah bening dan lain lain) hingga pemeriksaan muka, pembuluh darah, hidung termasuk sinus, mulut, leher, nadi dan tekanan darah, pemeriksaan thorax/dada termasuk payudara, paru dan jantung, dan sebagainya sesuai keluhan pasien.



2. FOTO THORAX

Dari foto ini, banyak informasi kesehatan yang dapat diperoleh, seperti ada-tidaknya pembesaran jantung dan pembuluh darah besar di dada, gagal jantung, infeksi paru paru, adanya udara berlebih dalam paru paru, tumor paru hingga deteksi kanker paru.

Bahkan, foto thorax juga dapat mendeteksi pneumonia SARS.

3. EKG (Elektrokardiogram)

Hasil rekaman aliran listrik jantung ini akan tergambar pada kertas kecil panjang. Melalui pemeriksaan ini, dokter dapat mendeteksi kelainan jantung, seperti adanya pembesaran jantung, infark/kematian sel jantung karena kekurangan oksigen, adanya kelainan aliran listrik jantung, radang selaput jantung serta gangguan elektrolit yang berpengaruh pada jantung.

4. TREADMILL

Adalah pemeriksaan rekam jantung (EKG) yang dilakukan saat pasien melakukan aktivitas pada ban berjalan. Melalui pemeriksaan ini diharapkan dapat diketahui ada-tidaknya kelainan jantung tersembunyi, yang sulit terdeteksi saat pasien istirahat. Dengan aktivitas berjalan, jantung akan bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh yang meningkat. Hingga suatu titik, jika kondisi jantung sakit, maka jantung tidak akan dapat memenuhi kebutuhan tubuh, yang akan direkam oleh alat EKG tersebut.

5. USG (Ultrasonografi)

Adalah pemeriksaan bagian dalam tubuh dengan gelombang suara berfrekuensi tinggi (tidak dapat didengar manusia). Gelombang ini akan dipantulkan oleh bagian dalam tubuh dan ditangkap kembali oleh 'receiver' berupa bayangan dengan kekuatan gradasi yang berbeda-beda pada monitor hitam-putih.

Umumnya, USG dilakukan untuk mendeteksi kondisi bagian dalam perut pasien (abdomen), seperti kondisi hati (bentuk, ukuran dan keadaan pembuluh darah), kondisi kandung empedu (ketebalan dinding serta ada-tidaknya batu empedu), kondisi pankreas (bentuk dan polanya), kondisi limpa (ukuran, bentuk dan permukaan), kondisi ginjal, dan sebagainya.Applause bersambung ndan,,,,,

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.