Wednesday, June 22, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Permukaan Air Laut Semakin Naik

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Permukaan Air Laut Semakin Naik
22 Jun 2011, 5:33 am

Permukaan Air Laut Semakin Naik


[Image: 1626562.jpg]

INILAH.COM, Jakarta - Tinggi permukaan air laut meningkat lebih cepat daripada sebelumnya. Meningkat rata-rata dua millimeter tiap tahun.

Sebuah penelitian menunjukkan, tinggi permukaan laut meningkat lebih cepat daripada sebelumnya selama dua ribu tahun terakhir ini. Naiknya tinggi permukaan laut sejalan dengan kondisi temperatur. Artinya, semakin panas suhu udara, maka permukaan air laut akan semakin naik.

"Peningkatan permukaan laut adalah hasil perubahan iklim, ini bisa jadi akan merusak," ujar peneliti Benjamin Horton dari Universitas Pennsylvania. Kondisi ini bisa membahayakan kawasan pantai dan menimbulkan erosi.

Selama 400 tahun terakhir tinggi permukaan laut terus naik sebesar 0,5 millimeter. Hingga akhir abad 19 permukaan laut sempat stabil, tapi setelah masa itu hingga kini permukaan air laut naik lagi sekitar rata-rata dua millimeter tiap tahun.

Peneliti Andrew Kemp dari Universitas Yale mengatakan, "Tinggi permulaan air laut di masa depan akan dapat diperkirakan dengan akurat jika kita mengamati perbandingan kondisi-kondisi sebelumnya."

Studi tentang ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. [mor]

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.