Sunday, June 19, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Keluarga Tentukan Prestasi dan Kepribadian Seorang

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Keluarga Tentukan Prestasi dan Kepribadian Seorang
18 Jun 2011, 6:36 pm

Keluarga Tentukan Prestasi dan Kepribadian Seorang Remaja

18 Juni 2011

Yogyakarta, CyberNews
. Di Indonesia peran keluarga sangat menentukan prestasi dan perkembangan anak di usia remaja. Adanya interaksi antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya, menyebabkan seorang anak akan lebih mengetahui perannya sebagai individu dan sebagai makhluk sosial. Hal itu berbeda dengan konsep psikologi Barat yang menitikberatkan perkembangan kepribadian remaja di berdasarkan lingkungan teman sekitarnya.

''Berbeda dengan psikologi Barat, di Indonesia perkembangan kepribadaian dan prestasi seorang remaja ditentukan oleh keluaraga, tidak hanya remaja, namun dari masa anak remaja hingga memasuki masa awal dewasa,'' kata pakar psikologi klinik Fakultas Psikologi UGM, Dr Kwartarini Wahyu Yuniarti MMedSc kepada wartawan di kampus UGM.

Diakuinya, tidak semua konsep psikologi Barat bisa diaplikasikan di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan psikologi yang sesuai dengan kondisi masyarakat lokal Indonesia.

Dari hasil penelitian yang dilakukan fakultas psikologi terhadap 3.000 remaja di Yogyakarta dan berbagai kota di Indonesia, ditemukan bahwa seorang remaja akan menemukan dan merasakan kebahagiaan dalam dirinya setelah berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, terutama kehadiran ayah dan ibu.

''Hasil itu kita dapat dari penelitian yang kita lakukan terhadap para siswa SMP, SMA, dan mahasiswa,'' katanya.

Menurut Kwartarini, pengawasan orang tua dirasakan sangat penting dalam menyeleksi sumber informasi yang didapatkan anaknya. Sehubungan informasi saat ini lebih mudah didapatkan seorang anak lewat situs jejaring sosial dan media teknologi informasi.

''Sebaiknya orang tua mengetahui informasi yang baik dan dibutuhkan oleh sang anak. Karena makin banyak informasi yang masuk ke anak menyebakan otak mereka kelelahan,'' ungkapnya.

Di samping itu, keberadaan orang tua diakuinya juga mampu meredam dan mengendalikan emosional seorang anak yang lebih menjadi pemarah akibat banyaknya tuntutan dan kompetisi di lingkungannya. Untuk memberikan edukasi kepada orang tua dan guru tentang berbagai upaya optimalisasi talenta anak dan cara pengukuran bakat yang modern.

Kwartarini di dampingi dua orang panitia pelaksana mengatakan, Fakultas Psikologi berencana akan mengadakan seminar pengasuhan orang tua cerdas dan guru hebat untuk anak multi talenta pada 26 Juni di ruang auditorium Fakultas Psikologi. Selanjutnya, diadakan seminar ''Psychology of Nation'' yang berlangsung di tempat yang sama.

by. ( Bambang Unjianto / CN34 / JBSM )

Top maaf kalo salah room, mohon dipindahkan ndan.. Smile

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.