Sunday, June 19, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Yang seharusnya dihindari menjelang tidur

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Yang seharusnya dihindari menjelang tidur
19 Jun 2011, 3:23 pm

dikutip dari buku "Rahasia Tidur Orang-Orang Sholih oleh Abu Hudzaifah".
Beberapa hal yg seharusnya dihindari menjelang tidur adalah :

Menghindari banyak makan dan minum.

Banyak makan dan minum dimalam hari akan menyebabkan tidur yang lelap, sehingga seseorang akan kehilangan kesempatan emas untuk meraih kemuliaan dan limpahan pahala.
Sufyan Ats-tsauri mengatakan,"Hendaklah kalian tidak terlalu banyak makan, sehingga kalian dapat melaksanakn qiyamul lail.
Sebagian orang-orang sholih mengatakan,"janganlah kamu banyak makan, sehingga menyebabkan banyak minum, lalu banyak tidur dan pada akhirnya kamu tertimpa banyak kerugian.

Tidak berlebihan dalam menyediakan tempat tidur dengan maksud bersenang-senang dengannya.

Berlebih-lebihan dalam menyediakan tempat tidur dengan maksud bersenang-senang dengannya akan menambah panjangnya waktu tidur.

Menghindari tidur dengan posisi tengkurap.

Cara tidur seperti ini tidaklah baik bagi kesehatan dan dibenci oleh Rosululloh. Abu Dzar pernah mengatakan,"Nabi pernah melewatiku, sementara aku sedang berbaring tengkurap. Kemudian beliau menndorongku dengan kaki seraya bersabda : "wahai junaidib (julukan Abu Dzar), sesungguhnya ini adalah cara berbaring penduduk neraka", diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Menghindari tidur tanpa atap.

Ini adalah salah satu perhatian islam untuk keselamatan pemeluknya dari hal-hal yang membahayakan. Sebab, saat tidur berlangsung maka seseorang tak mengetahui dan menyadari apa yang terjadi disekitarnya.

Jangan berniat menzholimi atau berbuat dosa ketika bangun tidur

Seorang muslim akan senantiasa mengharap akhir kehidupan yang baik. Sehingga waktu tidur yang sering dinamakan kematian kecil ini, seolah-olah mengingatkan dirinya akan berakhir perjalanan hidupnya di dunia ini untuk melanjutkan perjalanan ke kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, ia tak berharap di akhir perjalanan ini, ia akhiri dengan sesuatu yang malah akan merugikan dirinya. Seyogyanya, menjelang tidur, seseorang tak berniat untuk melakukan perbuatan zholim atau keinginan melakukan kemaksiatan. Hendaklah ia tidur dengan membawa hati yang bersih dari berbagai niat yang buruk.

Menghindari senda gurau dan perbuatan sia-sia sebelum tidur.

Senda gurau dan perbuatan sia-sia dapat menyebabkan hati menjadi mati dan lalai. Sehingga, pemiliknya tak ada gairah untuk berlomba-lomba dalam ketaatan dan amal sholih. Juga kadang senda gurau dan perbuatan sia-sia adalah amalan yang membuang-buang waktu tanpa guna. Padahal setiap nafas yang kita hembuskan dan setiap detik yang kita jalani, pasti akan diminta pertanggungjawaban dihadapan alloh. Tak selayaknya seorang muslim yang memahami hakikat tujuan hidup, ia membuang-buang waktu dan kesempatan yang telah dikaruniakan oleh Alloh. Disisi lain senda gurau dan perbuatan sia-sia menjelang tidur akan menimbulkan kepenatan pada diri seseorang . Sehingga boleh jadi keberkahan malam yang telah disediakan oleh alloh bagi umat manusia berlalu begitu saja.


INDAHNYA BERBAGI ,,, SEMOGA BERMANFAAT Smile

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.