Friday, June 17, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Ulil Abshar Abdalla Sambut Baik Vonis Baasyir

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Ulil Abshar Abdalla Sambut Baik Vonis Baasyir
17 Jun 2011, 3:15 am

[Image: Ulil-Abshar-Abdalla-22a.jpg]

Jumat, 17 Juni 2011 08:05 WIB

JAKARTA - Aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar-Abdalla menyambut baik putusan majelis hakim yang menjatuhkan vonis terhadap Abu Bakar Baasyir selama 15 tahun di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Walaupun lamanya hukuman bagi Baasyir tidak sebesar tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni seumur hidup.

"Tentu ini kabar baik. Baasyir sudah cukup tua. Hukuman 15 tahun penjara sudah cukup lumayan," kata Ulil dalam kicauannya dalam jejaring sosial twitter, Kamis (16/6/2011) malam.

Ketua Divisi Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat itu menjelaskan, arti penting hukuman bagi Baasyir. Pertama, kata Ulil, hukuman itu membuktikan bahwa tuduhan dia terlibat dalam pelatihan militer benar.

Alasan lainnya, lanjut Ulil, penting untuk mendelegitimasi Baasyir sebagai ikon ideologi terorisme di Indonesia agar anak muda tidak terpikat olehnya.

"Tentu menghukum Baasyir tak akan menghentikan penyebaran ideologi terorisme. Tetapi sekurang-kurang-nya akan mengurangi pengaruhnya," kata Ulil

Menurut Ulil, menangkal ideologi terorisme harus melalui berbagai cara dan tidak cukup hanya menghukum Baasyir. Dirinya juga meminta semua pihak agar ideologi terorisme yang memakai dalil-dalil keislaman harus terus-menerus dikritik, agar kehilangan kredibilitas.

"Hukuman atas Baasyir ini juga perlu untuk mendemoralisasi kelompok-kelompok radikal-teroris di Indonesia," tukasnya

Diketahui, hakim memvonis 15 tahun penjara dengan menilai Ba'asyir terbukti dalam dakwaan subsider pasal 14 Junto pasal 7 uu 15 tahun 2003 tindak pidana terorisme. Ba'asyir terbukti merencanakan atau menggerakkan orang lain memberikan dananya untuk kegiatan militer di Aceh. Dana yang terbukti dihimpun Ba'asyir sejumlah Rp 350 juta, dengan rincian Rp 150 juta didapat dari Haryadi Usman, dan Rp 200 juta dari Syarif Usman, serta sebuah handycam dari Abdullah Al Katiri. Uang itu digunakan untuk pelatihan militer di Pegunungan Jantho, Aceh Besar.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.