Tuesday, June 21, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Syarat Masuk Sekolah, Harus Hafal Lagu kebangsaan

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Syarat Masuk Sekolah, Harus Hafal Lagu kebangsaan
20 Jun 2011, 7:37 pm

Syarat Masuk Sekolah, Harus Hafal Lagu kebangsaan


FBI - Banyak cara untuk melatih rasa nasionalisme sejak dini. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh sekolah di SD hingga SMA di Banyumas, Jawa Tengah, yang mensyaratkan masuk sekolah dengan lebih dulu harus hafal Lagu Kebangsaan.

Apenk Sunarto, Kepala Bidang Pendidikan Menengah setempai menyatakan bahwa syarat siswa yang akan masuk ke SD, sekolah menengah pertama (SMP), dan SMA tahun ini salah satunya harus bisa menghafal beberapa lagu perjuangan.

"Tahun ini, seorang siswa yang akan melanjutkan sekolah ke SD hingga SMA harus hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain itu, calon siswa SD juga harus hafal tiga lagu perjuangan, SMP lima lagu perjuangan, dan SMA sebanyak tujuh lagu perjuangan. Aturan ini sebagai tindak lanjut wacana pendidikan berkarakter yang dicanangkan Kementrian Pendidikan Nasional," katanya, Minggu (19/06) kemarin.

Teknis untun melakukan penyaringan siswanya ini diserahkan langsung kepada tiap-tiap sekolah, apakah siswa akan diuji satu persatu ataupun bisa juga dilombakan antarkelompok atau antar kelas pada Masa Orientasi Siswa (MOS).

Terkait menghafal lagu perjuangan sebagai syarat siswa masuk sekolah, Sekretaris Dewan Pendidikan Banyumas Trijoko Heranto menyatakan sebetulnya pendidikan karakter tidak hanya bagaimana siswa mampu menghafal lagu kebangsaan.

"Kami berharap sekolah juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam lagu-lagu tersebut sehingga akan memunculkan jiwa nasionalisme para siswa. Jadi sebetulnya jangan hanya bisa hafal, tetapi lebih dari itu bagaimana memahamkan kepada para siswa mengenai isi atau konteks dari lagu-lagu perjuangan tersebut," tandasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.