Monday, June 27, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: RI Siap Anut Kebijakan Satu Jenis Gula

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

RI Siap Anut Kebijakan Satu Jenis Gula
27 Jun 2011, 2:36 am

[Image: gula-dalam.jpg]

Jakarta - Pemerintah akan mulai menganut satu jenis gula di Indonesia. Nantinya tidak ada lagi jenis gula rafinasi atau gula kristal putih.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh ketika ditemui di kantornya Jumat (24/6/2011).

"Kita ingin agar gula itu gula saja, tidak ada gula rafinasi tidak ada gula kristal putih. Hanya ada gula dan gula mentah," katanya kepada wartawan.

Akan tetapi, Deddy menjelaskan, penggabungan jenis gula nantinya tidak akan mematikan produksi gula petani. Penggabungan ini diharapkan dapat menjadikan gula kristal putih naik kelas dan dapat juga dijadikan bahan baku untuk memproduksi gula rafinasi.

"Nah jangan diartikan gula rafinasi ini mematikan gula kristal putih. Kita ingin mengarahkan gula kristal putih ini yang naik kelas dapat memproduksi gula rafinasi," ujarnya.

Lebih lanjut Deddy mengharapkan, bahan baku untuk membuat gula rafinasi nantinya dihasilkan dari dalam negeri. Selama ini gula rafinasi bahan bakunya diimpor dari luar negeri dalam bentuk raw sugar (gula mentah).

"Gula rafinasi pun diusahakan menggunakan bahan baku dari dalam negeri, tidak perlu lagi mengimpor," harapnya.

Ketua Umum Pedagang Gula dan Terigu Indonesia (Apegti) Natsir Mansyur mengatakan saat ini Indonesia satu-satunya negara yang masih menganut dua jenis gula, Di luar negeri sudah tak dikenal lagi istilah gula kristal putih (GKP) melainkan gula rafinasi.

"Negara lain sudah menganut satu gula, tak ada yang dualisme gula seperti yang ada Indonesia," kata Natsir.

Seperti diketahui masalah merembesnya gula rafinasi ke pasar umum sudah menjadi kejadian ulangan setiap tahun. Hal ini karena kebijakan pergulaan Indonesia masih menganut dualisme jenis gula yaitu gula rafinasi yang peruntukannya untuk industri karena kualitas warnanya yang sangat putih.

Selain itu ada gula kristal putih (GKP) untuk masyarakat umum yang dihasilkan dari pabrik-pabrik tua berasal dari tebu petani. Biasanya warna gulanya agak sedikit pekat.

(ade/hen)

sumber

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.