Tuesday, June 21, 2011

Forum Bebas Indonesia - All Forums: Kisah legenda Kuliner Nusantara (info kuliner)

Forum Bebas Indonesia - All Forums
Forum Bebas Indonesia - http://www.forumbebas.com

Kisah legenda Kuliner Nusantara (info kuliner)
20 Jun 2011, 6:30 pm

Sebagai negara dengan kepulauan terbesar Kisah Legenda Kuliner Nusantara di Tanah air kita memang mempunyai sajian kuliner khas yang tidak dijumpai negara lain. Nah kali ini di Festival Jajanan Bango 2011 akan mengajak kita menikmati sajian khas yang telah melegenda di daerah masing-masing.

[Image: fjb2011.jpg]

Bicara Sajian kuliner Indonesia tentu menggugah selera anda, dan dengan tema Kisah Legenda Kuliner Nusantara Festival Jajanan Bango 2011 akan menunjukkan hidangan khas daerah masing-masing. Acara FJB 2011 akan dilaksanakan di 5 kota, yaitu Bekasi, Depok, Sidoarjo, Kediri dan Malang. Nah seperti ini dia Kisah Legenda Kuliner Nusantara:

Kisah Legenda Kuliner Nusantara: Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Warung sate klopo Bu Asih terbilang paling laris dan terkenal. Sate Klopo Ondomohen ini buka pagi hingga siang hari. Tempatnya berada tepat di ujung gang Ondomohen Magersari II atau Jl. Walikota Mustajab Surabaya. Sate klopo adalah sate daging sapi yang dilumuri semacam srundeng yang terbuat dari parutan kelapa yang disangrai, kemudian dilumurkan di sate baru kemudian di bakar. Sehingga rasa satenya agak lain dari sate umumnya. Biasanya dimakan dengan nasi yang ditaburi kelapa. Kemudian diletakkan diatas bumbu kecap ataupun bumbu kacang.

Uniknya lagi warung bu Asih ini tidak berada di bangunan permanen yang bagus dan mapan namun berada di atas trotoar terbuka dalam bentuk "eber-eber". Rasanya tentu saja sedap dan nikmat! Parutan kelapa berbumbunya membuat rasa satenya menjadi unik. Kisah Legenda Kuliner Nusantara ini dilengkapi dengan bumbu sate yang khas pula dan poya kacang menjadikan makanan ini gurih dan lezat di lidah. Usaha Warung Sate Klopo ini mulai dibuka oleh orang tua Bu Asih 40 tahun lalu dan diteruskan oleh Bu Asih yang saat ini berusia 52 tahun sejak 1987. Saat ini, dalam menjalankan usahanya Bu Asih dibantu oleh tiga orang wanita kerabat dekatnya yang juga berasal dari Madura. Setiap hari Bu Asih menghabiskan tidak kurang dari 25 kg daging sapi atau sekitar 2.500 (dua ribu lima ratus) tusuk sate. Dengan volume penjualan sebesar itu bisa ditaksir omset penjualan Sate Klopo Bu Asih bisa mencapai Rp 4.000.000,- (empat juta rupiah) per hari atau sekitar Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) dalam satu bulan. Anda tertarik??

Nah apa Kisah Legenda Kuliner Nusantara daerahmu??

Seluruh daerah di pelosok Indonesia pasti memiliki selera hidangan yang telah melegenda, jangan sampai di klaim negara tetangga nih!!

Aku cinta warisan kuliner nusantara

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed.